PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS UMBULHARJO II YOGYAKARTA

  • kadari kadari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Umbulharjo II Kota Yogyakarta. Dalam
penelitian ini sampel yang diambil adalah 30 responden yang terdiri dari semua
pasien di Puskesmas Umbulharjo II yogyakarta. Tehnik pengambilan sampel yaitu
dengan menggunakan tehnik Nonprobabillity Sampling dengan metode icindental
Sampling Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang
dibagikan langsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan model regresi
linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukan Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap
kepuasan pasien di Puskesmas Umbulharjo II Yogyakarta. Hal ini ditunjukan uji t
yang di peroleh sebesar 0,00 lebih kecil dari hasil signifikan yang besarnya 0,05. Jadi
kesimpulan uji t mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan.
Dari uji koefesien determinasi menunjukan bahwa R Square besar 0,629 atau 62,9%.
Hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien
sebesar 62,9 %, sedangkan sisanya sebesar 37,1 atau 37,1% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak di masukan dalam model penelitian ini.

Published
May 10, 2014
How to Cite
KADARI, kadari. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS UMBULHARJO II YOGYAKARTA. Prima Ekonomika, [S.l.], v. 5, n. 1, may 2014. ISSN 2621-4148. Available at: <https://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/2>. Date accessed: 22 dec. 2024.

Most read articles by the same author(s)