PEMBUATAN INSTALASI DAN PELATIHAN HIDROPONIK SKALA RUMAH TANGGA DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KAMPUNG PUJOKUSUMAN YOGYAKARTA

  • Fajar Aribowo STIE YKP
  • Hening Nakuloadi STIE YKP
  • Kadari Kadari STIE YKP
  • Edi Setiawan STIE YKP
  • Erwan Sutrisno STIE YKP
  • Arif Budi Raharja
  • Ganis Wirawan
  • Wahyu Wibowo

Abstract

Kampung Pujokusuman merupakan Kawasan padat penduduk dan mempunyai potensi pengembangan pertanian pada skala rumah tangga. Kegiatan ini bertujuan untuk menggembangkan dan meningkatkan produksi pertanian organik melalui penerapan sistem hidroponik dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi hidroponik bagi masyarakat di Kampung Pujokusuman, Kota Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan pada tanggal 4 November 2023.


Kegiatan dalam pengabdian ini berbentuk pelatihan pembuatan istalansi dan pelatihan sistem pertanian hidroponik yang meliputi: praktek pembuatan perangkat hidroponik, dan praktek budidaya tanaman secara hidroponik. Kegiatan ini diawali dengan mengundang masyarakat di Kampung Pujokusuman yang dikoordinasikan bersama RT/RW setempat, kemudian diberikan materi presentasi tentang hidroponik dan selanjutnya praktek pembuatan perangkat hidroponik serta praktik budidaya tanaman secara hidroponik


Selama proses kegiatan ditujukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, pemahaman para peserta pelatihan disertai umpan balik berupa pertanyaan-pertanyaan dari para peserta yang telah mendapatkan transfer pengetahuan terkait sistem pertanian hidroponik, serta tahap akhir kegiatan dengan mengukur keberhasilan dari seluruh program pelatihan sebesar 80% peserta dapat memahami tekhnik budidaya tanaman dengan sistem hidroponik.


 


Kata Kunci : Instalansi, hidroponik, produk, organik.

Published
Dec 26, 2023
How to Cite
ARIBOWO, Fajar et al. PEMBUATAN INSTALASI DAN PELATIHAN HIDROPONIK SKALA RUMAH TANGGA DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KAMPUNG PUJOKUSUMAN YOGYAKARTA. Abdimas Ekonomika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 18-25, dec. 2023. Available at: <https://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/jurnal-abdimas-ekonomika/article/view/194>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)