PENDAMPINGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PELATIHAN PEMBUATAN TELUR ASIN

  • Hening Nakuloadi STIE YKP
  • Fajar Aribowo STIE YKP
  • Tri Cahyaningrum STIE YKP
  • Sumarwanto Sumarwanto
  • Sri Sayekti Lestari
  • Muhammad Arifai

Abstract

Kegiatan pendampingan ini bertujuan agar peserta dapat memahami bagaimana membuat telur asin yang baik dan menerapkan dirumah masing-masing. Pelatihan yang dilakukan telah meningkatkan kreativitas dan kemampuan dalam pengolahan telur asin untuk memotivasi kewirausahaan mandiri peserta pelatihan.


Metode yang digunakan berupa pelaksanaan penyuluhan, pelatihan, dan sosisalisasi langsung kepada peserta pelatihan oleh pakar telur asin. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang pengolahan telur itik yang baik. Selain penyuluhan dan sosisalisasi, metode yang dilaksanakan adalah wawancara dengan peserta, menurut salah satu peserta kegiatan tersebut menjelaskan bahwa penyuluhan ini merupakan tambahan ilmu dan gerakan transformasi masyarakat melalui pengembangan potensi yang dimiliki dengan pendekatan edukasi, melakukan upaya penyelesaian masalah, supaya masyarakat dapat berproduktivitas lebih di kehidupan sehari-hari.


Output dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah memberikan pengetahuan tentang pembuatan produk telur asin yang baik, memberikan pelatihan produk yang inovatif dan kreatif berbasis bahan pangan asal ternak serta memberikan pengetahuan tentang cara memilih bahan baku yang baik, peserta pelatihan mampu membuat suatu produk pangan hasil peternakan.


 


Katakunci: Pendampingan, Telur asin


 

Published
Dec 26, 2023
How to Cite
NAKULOADI, Hening et al. PENDAMPINGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PELATIHAN PEMBUATAN TELUR ASIN. Abdimas Ekonomika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 9-17, dec. 2023. Available at: <https://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/jurnal-abdimas-ekonomika/article/view/189>. Date accessed: 25 july 2024.

Most read articles by the same author(s)