ANALISIS PENGGUNAAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH OLEH MAHASISWA STIE “YKP” YOGYAKARTA

  • Aris Indriyanti

Abstract

ABSTRACT


 


Advertising is one of the marketing communication media that is often used in economic activities in an effort to introduce products to consumers. Advertising as a means of marketing goods or service products must be able to look attractive and persuasive.


There are several dimensions of advertising including: First The contents of the message, creating an effective advertising message is to decide what general message will be communicated to consumers to plan the message strategy.


Beauty is the beauty that faces have on women. With the beauty of a woman, making women look confident in their existence. Many ways are used by women in beautifying themselves by using cosmetics. Cosmetics has become one of human needs in general. The use of cosmetics for legal purposes may be provided with the condition that the materials used are halal and sacred, intended for purposes that are permitted sharply and not harmful.


The existence of increasingly rapid competition in the world of beauty, PT. Paragon and Innovation (PTI) creates cosmetic products into products that are in accordance with the wishes of women. Wardah is a cosmetic Wardah is a safe cosmetic to use because all Wardah's cosmetic products have been reviewed by the LPPOM-MUI (Food, Drug and Cosmetic Research Institute of the Indonesian Ulema Council) so that Wardah's cosmetic products have a halal certificate. The purpose of this study was to determine whether there was a significant effect of message content, message structure, message format, and source of Wardah cosmetics advertising messages on television media on purchasing decisions by STIE "YKP" students in Yogyakarta.


The method used in this research is a quantitative approach. interpreted as a research method based on positive philosophy is used to examine a population or a particular sample, sampling techniques are generally carried out randomly, data collection using research instruments, quantitative / statistical data analysis with the aim to test the hypothesis that has been set. And data collection techniques using the interview method, the questionnaire method, and secondary data are data obtained from books, journals and other parties.


From the results of the independent variables in this study, a significant independent variable that is the message content means that this variable is influential on purchasing decisions on Wardah cosmetics. While the insignificant is the content of the message, the message format, and the source of the message means that this variable has no effect on Wardah's cosmetics purchasing decisions.


 


Keywords: Message content, Message structure, Message format, Message source and Purchase decision


ABSTRAK


 


Iklan merupakan salah satu media komunikasi pemasaran yang kerap digunakan dalam aktivitas ekonomi dalam upaya mengenalkan produk kepada konsumen. Iklan sebagai salah satu sarana pemasaran produk barang atau jasa harus mampu tampil menarik dan persuasive.


Ada beberapa dimensi iklan diantaranya: Pertama Isi pesan, menciptakan pesan iklan efektif adalah memutuskan pesan umum apa yang akan dikomunikasikan kepada konsumen untuk merencanakan strategi pesan.


Kecantikan adalah keelokan wajah yang dimiliki pada wanita. Dengan kecantikan yang dimiliki seorang wanita, menjadikan wanita tampak percaya diri dalam eksistensi dirinya. Banyak cara yang digunakan oleh wanita dalam mempercantik diri yaitu dengan menggunakan kosmetik.Kosmetik telah menjadi salah satu kebutuhan manusia pada umumnya. Penggunaan kosmetik untuk kepentingan berhias hukumnya boleh dengan syarat yaitu bahan yang digunakan adalah halal dan suci, ditujukan untuk kepentingan yang dibolehkan secara syar’i dan tidak membahayakan.


Adanya persaingan yang semakin pesat dalam dunia kecantikan, PT. Paragon and Innovation (PTI) menciptakan produk kosmetik menjadi produk yang sesuai dengan keinginan wanita. Wardah adalah kosmetik Wardah merupakan kosmetik yang aman digunakan karena semua produk kosmetik Wardah sudah dikaji oleh LPPOM-MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia) sehingga produk kosmetik Wardah memiliki sertifikat halal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan iklan kosmetik Wardah di media televisi terhadap keputusan pembelian oleh mahasiswa STIE “YKP” Yogyakarta.


Metode yang digunakan dalalm penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positif digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pangambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumenpenelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dan tehnik pengumpulan data menggunakan metode interview (Wawancara), metode kuesioner, dan data sekunder merupakan data yang diperoleh dari buku-buku, jurnal dan pihak lain.


Dari hasil variabel independen pada penelitian ini, variabel independen yang signifikan yaitu isi pesan berarti variabel ini adalah berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada kosmetik Wardah. Sedangkan yang tidak signifikan yaitu isi pesan, format pesan, dan sumber pesan berarti variable ini tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah.


 


Kata Kunci : Isi pesan, Struktur pesan, Format pesan, Sumber pesan dan Keputusan pembelian

Published
Oct 31, 2019
How to Cite
INDRIYANTI, Aris. ANALISIS PENGGUNAAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH OLEH MAHASISWA STIE “YKP” YOGYAKARTA. Prima Ekonomika, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 36-50, oct. 2019. ISSN 2621-4148. Available at: <https://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/91>. Date accessed: 03 dec. 2024.