ANALISIS PENGARUH PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PRATAMA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelayanan kefarmasian terhadap
kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Pratama Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini
sampel yang diambil adalah 50 responden yang terdiri dari semua pasien rawat jalan di Rumah
Sakit Pratama Kota Yogyakarta. Sampel diambil dengan menggunakan metode convenience
sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan
langsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan model regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukan pelayanan kefarmasian tidak berpengaruh terhadap
kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Pratama Kota Yogyakarta. Hal ini ditunjukan uji
t yang di peroleh sebesar 0,141 lebih besar dari hasil signifikan yang besarnya 0,05. Dari uji
koefesien determinasi menunjukan bahwa R Square besar 0,045 atau 4,5%. Hal ini menunjukan
bahwa pelayanan kefarmasian berpengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 4,5 %,
sedangkan sisanya sebesar 0,955 atau 95,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di
masukan dalam model penelitian ini
Kata Kunci : Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit