Pentingnya Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan

  • Sudomo Sudomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pentingnya kualitas pelayanan kesehatan
difasilitas kesehatan yang diukur dan diketahui hasilnya menggunakan lima dimensi mutu
pelayanan kesehatan, yaitu : tangible (bukti nyata), reliability (keandalan), responsiveness
(daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (perhatian). Pengambilan sampel yang
digunakan adalah sampel insidensial (penentuan sampel secara kebetulan). Jumlah sampel
yang digunakan sebanyak 30 responden. Metode pengumpulan data menggunakan
kuesioner, dokumentasi, observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dengan metode tabel
frekuensi menggunakan lima dimensi mutu pelayanan masuk dalam kategori memuaskan
pasien. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan sudah memenuhi
kriteria dalam memenuhi kepuasan pasien dan kinerja pelayanan kesehatan yang dilakukan
oleh sudah berjalan dengan baik.

Published
May 10, 2016
How to Cite
SUDOMO, Sudomo. Pentingnya Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan. Prima Ekonomika, [S.l.], v. 7, n. 1, may 2016. ISSN 2621-4148. Available at: <https://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/15>. Date accessed: 24 nov. 2024.