PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti tentang Pengaruh Kecerdasan
Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Data ini diperoleh dari responden yang
terdiri dari para mahasiswa akuntansi Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagai sampel
yang diambil dengan cara purposive sampling. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 35
kuesioner, dari 35 kuesioner yang telah disebarkan terdapat 30 kuesioner yang kembali dan
dapat diolah. Pengolahan data menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas, uji asumsi
klasik, uji regresi linear, dan hipotesis melalui program SPSS v.21 for windows. Hasil analisis
menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berupa pengenalan diri, pengendalian diri,
motivasi, empati, dan keterampilan sosial secara bersama-sama berpengaruh signifikan
terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa.
Kata kunci: Kecerdasan emosional (EQ), pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi,
empati