ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK DI SWALAYAN PAMELLA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, tempat dan
promosi terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk di Swalayan
Pamella Yogyakarta. Dimana dalam penelitian ini objek yang akan diteliti adalah
customer/pelanggan yang melakukan pembelian lebih dari 3 kali di Pamella 1
Kusumanegara Yogyakarta. Jumlah sampel yang akan diteliti adalah sebanyak 100
responden. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu sampel diambil didasarkan
pada pemilihan anggota populasi atas dasar pertimbangan tertentu.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variable produk
(x1), harga(x2), tempat (x3) serta promosi (x4) berpengaruh terhadap keputusan konsumen
(y) dalam melakukan pembelian di Supermarket Pamella Yogyakarta.