PENGARUH RATING PENILAIAN DAN ULASAN ONLINE TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN TOKO ONLINE SHOPEE
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan pada Rating Penilaian dan Ulasan Online terhadap Kepercayaan Konsumen pada toko online Shopee. Populasi dalam penelitian ini yakni mahasiswa di Yogyakarta dan merupakan pengguna/pernah berbelanja di Shopee dengan sampel 110 orang konsumen yang mengetahui dan menggunakan Shopee. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 26 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Rating Penilaian berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen, sedangkan Ulasan Online tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaaan Konsumen. Secara simultan variabel Rating Penilaian dan Ulasan Online berpengaruh terhadap Kepercyaan Konsumen. Selain itu, faktor Rating Penilaian dan Ulasan online berkontribusi sebesar 58,6% terhadap Kepercayaan Konsumen sedangkan sisanya 41,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci : Rating Penilaian, Ulasan Online, Kepercayaan Konsumen
ABSTRAC
This study aims to examine the effect of partial and simultaneous Rating Ratings and Online Reviews on Consumer Confidence in Shopee's online store. The population in this study are students in Yogyakarta and are users/have shopped at Shopee with a sample of 110 consumers who know and use Shopee. The sampling method used purposive sampling and multiple linear regression. Data processing is done using SPSS version 26 software for windows.
This study's results indicate that the Rating variable partially has a significant effect on Consumer Trust, while Online Reviews have no significant effect on Consumer Trust. Simultaneously, the variables of Rating Rating and Online Reviews have an effect on Consumer Trust. In addition, the online rating and review factor contributed 58.6% to consumer confidence while the remaining 41.4% was influenced by other variables outside of this study.
Keywords : Rating, Online Reviews, Consumer Trust