Pengaruh Desain Pekerjaan dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Desain Pekerjaan dan Komunikasi
Terhadap Kinerja Pegawai. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Desain Pekerjaan (X1), Komunikasi (X2). Sedangkan variabel dependen adalah
kinerja karyawan (Y).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif
dengan menggunakan sampel sebanyak 95 responden. Pengambilan sampel menggunakan
teknik Sensus. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan
menggunakan software computer SPSS 20 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desain Pekerjaan,dan Komunikasi secara
bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini
menunjukan bahwa desain pekerjaan merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnya
untuk meningkatkan kinerja pegawai terbukti dari penelitian yang telah dilakukan yang
menunjukan nilai beta untuk masing-masing variabel independen diperoleh nilai yakni untuk
faktor desain pekerjaan (X1) sebesar 1,065 dan nilai beta untuk faktor komunikasi (X2)
sebesar 0,843. Hal ini berarti faktor desain pekerjaan (X1) lebih dominan pengaruhnya
disbanding faktor komunikasi (X2) terhadap kinerja pegawai.