PERAN EFEKTIVITAS IKLAN DALAM MEMEDIASI DAYA TARIK IKLAN DAN KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SPORT HONDA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas iklan dalam
memediasi daya tarik iklan dan kredibilitas celebrity endorser terhadap keputusan
pembelian sepeda motor Honda. Sampel yang diambil sejumlah 100 responden
diambil dari komunitas sepeda motor sport Honda di Semarang. Teknik sampling
dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan
regresi linier berganda dengan variabel intervening menggunakan program SEM
AMOS versi 22.
Berdasarkan analisis yang dilakukan memberikan hasil bahwa daya tarik
iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara
langsung. Tetapi daya tarik iklan dan kredibilitas endorser tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian melalui efektifitas iklan. Sehingga efektifitas iklan
tidak dapat memediasi daya tarik iklan dan kredibilitas endorser terhadap
keputusan pembelian.