PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMKN 1 MEDAN

Authors

  • Naisyadia Safira Universitas Negeri Medan
  • Andri Zainal
  • Sondang Aida Silalahi
  • Ramdhansyah Ramdhansyah
  • Tuti Sriwedari

DOI:

https://doi.org/10.37330/prima.v16i2.287

Abstract

ABSTRACT

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana kedisiplinan belajar siswa SMKN 1 Medan memediasi hubungan antara keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar akuntansi. Metodologi penelitian ini adalah analisis Partial Least Squares (PLS) dan pengumpulan data melalui angket. Sampel penelitian berjumlah 276 siswa dari hasil data yang dianalisis menggunakan Algoritma PLS, PLS Bootstrapping, dan uji hipotesis dengan nilai p value <0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa dipengaruhi secara signifikan oleh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler (nilai p value 0,000<0,05) dan prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi secara signifikan oleh kedisiplinan belajar (nilai p value 0,001<0,05). Melalui kedisiplin belajar sebagai variabel intervening, kekaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi (nilai p value 0,01 dan upsilon v = 0,141)

 

Keywords: keaktifan siswa; kegiatan ekstrakurikuler; kedisiplinan belajar; prestasi belajar akuntansi

The purpose of this study was to examine how student learning discipline at SMKN 1 Medan mediates the relationship between student activity in extracurricular activities and accounting learning achievement. The methodology of this study is Partial Least Squares (PLS) analysis and data collection through questionnaires. The research sample was 276 students from the data analyzed using the PLS Algorithm, PLS Bootstrapping, and hypothesis testing with a p value <0.05. The results showed that student learning discipline was significantly influenced by student activity in extracurricular activities (p value 0.000 <0.05) and student accounting learning achievement was significantly influenced by learning discipline (p value 0.001 <0.05). Through learning discipline as an intervening variable, student activity in extracurricular activities affected accounting learning achievement (p value 0.01 and upsilon v = 0.141)

 

Keywords: student activity; extracurricular activities; learning discipline; accounting learning achievement

Downloads

Published

2025-10-30