PENGARUH MANAJEMEN KEUANGAN, DIGITAL PAYMENT DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS UMKM
DOI:
https://doi.org/10.37330/prima.v16i1.284Abstract
ABSTRAK
 Persaingan yang semakin tinggi menjadi tantangan yang dialami oleh UMKM di masa kini yang mengancam profitabilitas usaha mereka. Peningkatan profitabilitas dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan pengelolaan finansial diantaranya adalah kemampuan manajemen keuangan, penggunaan digital payment dan pengetahuan literasi keuangan yang baik agar pelaku UMKM dapat menggunaan kemampuannya secara bijaksana.
 Objek penelitian ini adalah UMKM yang berstatus aktif di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan tujuan menguji secara empiris pengaruh pengetahuan manajemen keuangan, digital payment dan literasi keuangan terhadap profitabilitas UMKM. Kuesioner diberikan kepada 100 UMKM berdasarkan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Stuctural Equation Modelling (SEM) PLS dengan tahapan spesifikasi model, identifikasi model, estimasi model, uji validitas dan reliabilitas, uji kecocokan model dan respesifikasi model. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa digital payment dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas UMKM sedangkan manajemen keuangan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas UMKM.
KATA KUNCI
UMKM;profitabilitas;manajemen keuangan;digital payment;literasi keuangan
ABSTRACT
 Increasing competition is a challenge experienced by MSMEs today that threatens the profitability of their businesses. Increasing profitability can be done by improving financial management skills, including financial management skills, the use of digital payments and good financial literacy knowledge so that MSME actors can use their abilities wisely.
 The object of this research is MSMEs that are active in the Special Region of Yogyakarta and Central Java with the aim of empirically testing the influence of financial management knowledge, digital payments and financial literacy on the profitability of MSMEs. Questionnaires were given to 100 MSMEs based on the purposive sampling method. Hypothesis testing was carried out using Stuctural Equation Modelling (SEM) PLS with the stages of model specification, model identification, model estimation, validity and reliability test, model fit test and model respecification. The results of the hypothesis test show that digital payment and financial literacy have a positive and significant effect on the profitability of MSMEs, while financial management has no effect on the profitability of MSMEs.
KEYWORDS
MSMEs; Profitability; financial management: digital payment; Financial Literacy