ANALISIS KESADARAN WAJIB PAJAK DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL, RESTORAN DAN HIBURAN

STUDI KASUS DIKABUPATEN JEPARA

  • Noor Salim
  • Heru Sulistiyo
  • Sri Harjanto

Abstract

Penelitian ini mengenai kepatuhan wajib pajak hotel, restoran dan hiburan di
Kabupaten Jepara. Tujuannya adalah menganalisis kesadaran wajib pajak dalam
memediasi pengaruh pengetahuan pajak, kualitas pelayanan dan pemeriksaan pajak
terhadap kepatuhan wajib pajakSample terpilih melalui purposive sampling
sebanyak 91 responden meliputi 46 hotel, 34 restoran dan 11 hiburan di Kabupaten
Jepara. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner. Kuesioner yang kembali
sebanyan 87 kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan
menggunakan Progarm SEM-PLS 4.0.
Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan pajak, kualitas pelayanan, dan
pemeriksaan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kesadaran wajib pajak.
Kesadaran wajib pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib
pajak. Kesadaran wajib pajak memediasi hubungan pengaruh pengetahuan pajak,
kualitas pelayanan, dan pemeriksaan pajak terhadap kepatuahan wajib pajak pengujian normalitas, penyimpangan asumsi klasik, uji fit data dan pengujian
hipotesis serta koefisien determinasi

Published
May 10, 2018
How to Cite
SALIM, Noor; SULISTIYO, Heru; HARJANTO, Sri. ANALISIS KESADARAN WAJIB PAJAK DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL, RESTORAN DAN HIBURAN. Prima Ekonomika, [S.l.], v. 9, n. 1, may 2018. ISSN 2621-4148. Available at: <https://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/24>. Date accessed: 23 nov. 2024.