Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya

  • Sudaryanto Sudaryanto

Abstract

Kosmetik adalah produk yang unik karena mengandung resiko
penggunaan bagi konsumen disamping manfaat sosialnya. Konsumen
cenderung untuk mempertimbangkan atribut-atribunya dalam rangka
mengurangi resiko yang mungkin dihadapinya. Tujuan dari studi ini adalah
untuk menentukan attribut produk manakah yang dinilai konsumen menjadi
atribut terpenting dalam memilih kosmetik. Kemudian hasilnya digunakan
dalam analisis gap untuk mengevaluasi kepuasan konsumen. Studi ini juga
menggunakan analisa faktor untuk kemudia dianalisis lebih lanjut dengan
regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh setiap faktor terhadap
kepuasan konsumen. Hasilnya, terdapat 3 faktor atribut yang dinilai penting
oleh konsumen dalam pemilihan kosmetik yaitu faktor kualitas, resiko dan
merek. Faktor kualitas dan faktor merek berpengaruh lebih besar terhadap
kepuasan konsumen kosmetik daripada faktor resiko.

Published
Dec 3, 2018
How to Cite
SUDARYANTO, Sudaryanto. Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya. Prima Ekonomika, [S.l.], v. 4, n. 1, dec. 2018. ISSN 2621-4148. Available at: <https://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/26>. Date accessed: 29 mar. 2024.