PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR DAN GCG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Rida Ariani
  • Riana Sitawati
  • Sam’ani Sam’ani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR dan keterbukaan GCG
terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Responden
penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2012 - 2015.
Sampel penelitian dari 148 perusahaan pertambangan, sampel diambil berdasarkan teknik
sensus. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data untuk menguji
hipotesis menggunakan regresi berganda dengan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR Disclosure memiliki pengaruh positif yang
signifikan terhadap nilai perusahaan, GCG memiliki pengaruh negatif yang signifikan
terhadap nilai perusahaan. Demikian pula, dengan menambahkan profitabilitas sebagai
variabel moderasi, pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan,
sementara GCG tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Published
May 10, 2018
How to Cite
ARIANI, Rida; SITAWATI, Riana; SAM’ANI, Sam’ani. PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR DAN GCG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Prima Ekonomika, [S.l.], v. 9, n. 1, may 2018. ISSN 2621-4148. Available at: <https://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/25>. Date accessed: 26 apr. 2024.