ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN PENDEKATAN METODE RGEC PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH DIY

  • Edi Anan
  • Roni Albarqis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank pada PT. Bank Pembangunan Daerah DIY selama tahun 2011 hingga 2015 berdasarkan metode RGEC yang terdiri dari risk profile, good corporate governance, earnings dan capital. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi nonpartisipan dengan cara dokumentasi. Teknik analisis deskriptif dengan berpedoman pada Surat Edaran Bank Indonesia No.
13/24/DPNP tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesehatan BPD DIY pada tahun 2011 sampai dengan 2015 secara keseluruhan dapat dikatakan bank yang sehat. Faktor Risk Profile yang dinilai melalui NPL dan LDR secara keseluruhan menggambarkan pengelolaan risiko yang telah dilaksanakan dengan baik. Faktor Good Corporate Governance, BPD DIY sudah menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik. Faktor Earnings atau rentabilitas yang penilaiannya terdiri dari ROA dan NIM engalami kenaikan dan hal ini menandakan bertambahnya jumlah aset yang dimiliki BPD DIY diikuti dengan bertambahnya keuntungan yang didapat oleh BPD DIY. Dengan menggunakan indikator CAR, peneliti membuktikan bahwa BPD DIY memiliki faktor Capital yang baik, yaitu diatas ketentuan Bank Indonesia sebesar 8%. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bank Pembangunan Daerah DIY pada tahun 2011 hingga 2015 secara keseluruhan berada pada peringkat komposit satu dengan predikat sangat sehat serta masing-masing total nilai komposit sebesar 93%, 93%, 97% , 97% dan 97%.

Published
May 10, 2017
How to Cite
ANAN, Edi; ALBARQIS, Roni. ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN PENDEKATAN METODE RGEC PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH DIY. Prima Ekonomika, [S.l.], v. 8, n. 1, may 2017. ISSN 2621-4148. Available at: <http://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/17>. Date accessed: 02 dec. 2021.