TY - JOUR AU - kadari, kadari PY - 2014/05/10/ TI - PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS UMBULHARJO II YOGYAKARTA JF - Prima Ekonomika; Vol 5 No 1 (2014): Prima Ekonomika KW - N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Umbulharjo II Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah 30 responden yang terdiri dari semua pasien di Puskesmas Umbulharjo II yogyakarta. Tehnik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan tehnik Nonprobabillity Sampling dengan metode icindental Sampling Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan model regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Umbulharjo II Yogyakarta. Hal ini ditunjukan uji t yang di peroleh sebesar 0,00 lebih kecil dari hasil signifikan yang besarnya 0,05. Jadi kesimpulan uji t mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan. Dari uji koefesien determinasi menunjukan bahwa R Square besar 0,629 atau 62,9%. Hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 62,9 %, sedangkan sisanya sebesar 37,1 atau 37,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di masukan dalam model penelitian ini. UR - https://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view?path=